BPS: Ekonomi Indonesia Kuartal Ke-2 2022 Capai 5,44

BPS: Ekonomi Indonesia Kuartal Ke-2 2022 Capai 5,44
Ketua BPS Margo Yuwono (YouTube BPS)

Pertumbuhan ekonomi tanah air pada kuartal kedua tahun ini masih terjaga pada level 5,44 persen. Meski masih tumbuh positif, pakar memperingatkan pemerintah untuk mewaspadai berbagai sentimen negatif dari global.

JAKARTA | kliksumut.com Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua tahun ini mencapai 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy).

“Dengan demikian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan kedua tahun 2022 bila dibandingkan dengan triwulan pertama 2022 atau secara quarter to quarter tumbuh 3,72 persen. Triwulan-II tahun 2022 atau secara year on year tumbuh sebesar 5,44 persen,” ungkap Kepala BPS Margo Yuwono, dalam tekekonferensi pers di Jakarta, Jumat (5/8/2022) dikutip kliksumut.com dari voaindonesia.com.

BACA JUGA: BPS Sumut: Daging Sapi Pemicu Inflasi April 2021

Ia menjelaskan nilai produk domestik bruto (PDB) pada triwulan kedua tahun 2022 atas dasar harga berlaku mencapai Rp4.919,9 triliun sementara atas dasar harga konstan sebesar Rp2.923,7 triliun.

Ekonomi Terdongkrak Booming Komoditas

Meskipun beberapa negara lain saat ini mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, perekonomian Indonesia terpantau masih bisa tumbuh. Margo menjelaskan, perekonomian di kuartal kedua ini terdorong faktor musiman seperti booming harga komoditas di pasar global. Sehingga, walaupun perekonomian mitra dagang strategis Indonesia seperti China dan Amerika Serikat melambat, Indonesia masih bisa mendapatkan keuntungan yang cukup baik.

“Dengan kenaikan harga global dan mitra dagang masih tumbuh positif di kuartal kedua, Indonesia mendapatkan windfall dari kondisi itu, dan tercatat neraca perdagangan kita di kuartal kedua ini sebesar USD15,55 miliar ini meningkat sebesar 148,01 persen kalau saya bandingkan dengan Q2 atau secara yoy. Kalau kita bandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022, meningkat 67,85 persen,” jelas Margo.

Pos terkait