BI Sumut Proyeksikan Rp2,6 Triliun Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

  • Whatsapp

Dalam koordinasi dengan Pimpinan perbankan menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1442H/2021 itu mengangkat tema “Ramadhan Penuh Berkah dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

Kepala KPw BI Sumut ni juga menyampaikan strategi yang dilakukan BI untuk pemenuhan uang kartal ke daerah yang dikategorikan 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) yakni dengan cara melakukan kas keliling secara Wholesale bekerjasama dengan PERBARINDO / BPR, Kantor Pos dan Pegadaian serta perbankan yang beroperasional di daerah 3T tersebut.

Bacaan Lainnya

Pada pertemuan itu KPw BI Sumut juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan ke 75 tahun NKRI (UPK-75)

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru di Lanud Soewondo Medan

“Masyarakat bisa melakukan penukaran UPK-75 dengan maksimum 100 lembar per KTP tiap hari dan dapat menukar kembali pada hari berikutnya,” ungkap Soekowardojo

Untuk pelaksanaan penukaran UPK-75 itu , kata Soekowardojo BI Sumut bekerjasama dengan perbankan untuk memfasilitasi dan
memberikan layanan kepada nasabahnya. Dengan demikian  masyarakat yang jauh dari Kantor Bank Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan UPK-75.

Disebutkan, dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 22/11/PBV/2020 tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus, UPK-75 sejak diterbitkan merupakan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran sebagaimana uang Rupiah lainnya. Selain itu dapat untuk berbelanja dan bertransaksi lainnya disamping disimpan sebagai koleksi.

Pos terkait