Baku Tembak, 3 Warga Sipil Tewas dan Pesawat Dibakar di Ilaga Papua

  • Whatsapp
Baku Tembak, 3 Warga Sipil Tewas dan Pesawat Dibakar di Ilaga Papua
Pesawat rusak yang dibakar oleh kelompok separatis dan teroris di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat 4 Juni 2021. (Pendam XVII/Cenderawasih)

“Baku tembak berlangsung kurang lebih tiga jam. Lalu, pada pukul 11.30 WIT pasukan TNI-Polri berhasil melakukan olah TKP terhadap beberapa bangunan yg di bakar di antaranya, bangunan ATC Bandara Aminggaru, satu unit pesawat rusak yang terparkir, dua unit rumah warga sipil, dan satu ekskavator,” kata Iqbal.

Lanjut Iqbal, pada pukul 11.15 WIT sekitar 50 orang masyarakat sipil mendatangi Polres Puncak untuk meminta perlindungan karena adanya tiga warga setempat meninggal dan tiga lainnya mengalami luka-luka akibat terkena tembakan KST di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Bacaan Lainnya

Adapun identitas korban meninggal itu yakni Patianus Kogoya, Petena Murib, dan Nelius Kogoya. Sedangkan, korban luka-luka yaitu Mandis Murib, Lesminus Murib, dan Jelemina Wanimbo.

Baca juga: Satu Anggota TNI Gugur, Kontak Tembak di Intan Jaya Papua

“Terdapat dua jenazah yang berhasil dievakuasi yaitu Nelius Kogoya dan Petena Murib oleh pasukan TNI-Polri ke puskesmas. Sedangkan satu jenazah lagi masih kami lakukan pencarian beserta korban luka-luka lainnya,” ucap Iqbal.

Jenazah yang berhasil dievakuasi itu kemudian dikebumikan secara adat. Warga setempat pun meminta perlindungan sepenuhnya dari aparat keamanan untuk menjaga masyarakat yang akan mengamankan diri ke Kota Ilaga.



Sedangkan, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, membenarkan pihaknya terlibat baku tembak dengan satgas gabungan TNI-Polri di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, selama dua hari.

“Pasukan TPNPB serang TNI-Polri di Ilaga. Baku tembak telah dilakukan dan korban jiwa tidak dapat dihindari,” kata Sebby kepada VOA.

Namun, TPNPB-OPM membantah bahwa pihaknya yang telah melakukan penembakan terhadap tiga warga sipil. TPNPB-OPM malah menuding satgas gabungan TNI-Polri merupakan pelaku penembakan itu.

“Tiga masyarakat sipil orang asli Papua ini telah ditembak oleh pasukan militer dan polisi Indonesia di Ilaga,” ujarnya. (voaindonesia.com)



Pos terkait