Baku Tembak, 3 Warga Sipil Tewas dan Pesawat Dibakar di Ilaga Papua

  • Whatsapp
Baku Tembak, 3 Warga Sipil Tewas dan Pesawat Dibakar di Ilaga Papua
Pesawat rusak yang dibakar oleh kelompok separatis dan teroris di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat 4 Juni 2021. (Pendam XVII/Cenderawasih)

PAPUA | kliksumut.com – Baku tembak antara satgas gabungan TNI-Polri dengan kelompok separatis dan teroris (KST) terjadi di sekitar Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak, Papua. Selain itu, KST juga membakar satu pesawat rusak di bandara tersebut. Tiga warga sipil juga dilaporkan tewas ditembak.

Dikutip kliksumut.com dari voaindonesia.com, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria, menjelaskan baku tembak itu diawali pada Kamis (3/6/2021) sekitar pukul 17.50 WIT, di sekitar Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

“Dalam baku tembak itu tidak ada kerugian apa pun dari personel satgas gabungan TNI-Polri,” kata Reza melalui keterangan resmi tertulisnya, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Satgas Yonif Raider 100/PS, Beri Pengobatan Warga Kampung Banda papua

Setelah terjadi baku tembak itu, KST juga melakukan pembakaran terhadap sejumlah bangunan di sekitar Bandara Aminggaru. Termasuk satu unit pesawat rusak yang sedang terparkir di apron bandara juga menjadi sasaran pembakar yang dilakukan KST.

“Pada Jumat (4/6/2021) aparat keamanan gabungan TNI-Polri meninjau lokasi Bandara Aminggaru untuk mengecek dan memastikan kerusakan akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh KST,” ucap Reza.

Reza melanjutkan, tindakan tersebut sangat tidak bertanggung jawab dan menyebabkan instabilitas di Kabupaten Puncak. Pada akhirnya hal itu akan mengganggu proses pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kita doakan bersama semoga situasi di Kabupaten Puncak semakin kondusif sehingga pembangunan akan dapat dilaksanakan sesuai rencana,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, mengatakan baku tembak antara satgas gabungan TNI-Polri dengan KST di Bandara Aminggaru kembali terjadi pada Jumat (4/6) sekitar pukul 05.30 WIT hingga 08.00 WIT.

Pos terkait