Tiga Nama Kandidat Kapolri

Tiga Nama Kandidat Kapolri
Kapolri Jenderal Idham Azis (ist)


JAKARTA | kliksumut.com – Sejumlah nama mulai muncul dalam bursa Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Korps Bhayangkara, di mulai dari bintang dua hingga bintang tiga.

Pasalnya, bulan Januari 2021 Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan mengakhiri masa jabatannya.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai dari sejumlah perwira tinggi (PATI) ada tiga nama memiliki peluang cukup besar untuk duduk sebagai Kapolri.

Baca juga : Kapolri : Kembalikan atau Kau Saya Pidanakan

“Wakapolri saat ini, Komjen Pol Gatot Edy Pramono, punya peluang 50 persen, sedangkan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo peluangnya 30 persen serta Kabaharkam Komjen Pol Agus Adrianto peluangnya 20 persen,” sebut Jerry.

Memang satu nama yang bisa melejit, yakni Komjen Boy Rafli Amar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), beliau dekat dengan Megawati.

Ada juga yang bakal membuat kejutan, seperti dideretan bintang dua terdapat nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran.

“Kalau Jokowi memilih orang dekatnya maka dipastikan Kabareskrim Komjen Pol Sigit Prabowo yang akan menggantikan Kapolri Idham Aziz. Pasalnya, Sigit pernah menjadi ajudan Jokowi otomatis hubungan emosional lebih kuat,” ungkapnya.

Namun, Komjen Pol Gatot yang segi intelektualnya tidak diragukan duduk sebagai Wakapolri punya catatan yang mumpuni. Doktor jebolan UI ini cukup all around, dan sudah paham manajerial di Polri. Karirnya memang cukup bersinar semasa menjabat Kapolda Metro Jaya.

Satu kandidat lain yang juga punya peluang yakni Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto. Mantan Kapolda Sumut ini terkenal disiplin, tegas dan anti korupsi.

Baca juga : Oknum Polisi Pelanggar Kemerdekaan Pers, PWI Minta Kapolri Usut Tuntas

“Kalau sesuai urutan angkatan, maka Nama Agus Andrianto lebih berpeluang ketimbang yang lain, karena beliau Akpol 89. Saat ini, Jenderal Idham Azis merupakan Akpol 88,” ujarnya.

Menurut Jerry, sejumlah faktor akan berpengaruh diantaranya, faktor kedekatan, politis, tangan Tuhan, garis tangan sampai tanda tangan akan menjadi kunci nama-nama tersebut menjadi Kapolri pada Tahun 2021. (Cu)

admin

Next Post

Gubsu Tekankan Disiplin Protokol Kesehatan

Jum Nov 13 , 2020
MEDAN | kliksumut.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengisyaratkan bahwa kebersamaan dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah satu hal penting agar bangsa ini bisa keluar dari musibah yang melanda dunia saat ini. Karena itu, senjata utama menghadapi bencana ini adalah disiplin protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Gubsu usai mengikuti […]
Gubsu Tekankan Disiplin Protokol Kesehatan
Desember 2020
SSRKJSM
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031 

Laman