Kejayaan Polo Air Sumut Harus Bangkit Di PON Sumut-Aceh

Kejayaan Polo Air Sumut Harus Bangkit Di PON Sumut-Aceh
Mantan polo air Sumut dan nasional bersama atlet polo air Sumut diabadikan bersama di kolam renang Selayang Medan, Minggu (13/3/2022).

MEDAN | kliksumut.com – Prestasi polo air semakin redup sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar dan PON Papua. Hal ini membuat mantan polo air Sumut bersatu untuk memberikan motivasi kepada atlet polo air untuk berjaya kembali pada PON XXI Sumut-Aceh, 2024 mendatang.

“Mari kita bersatu dan begandeng tangan serta dengan latihan keras untuk mengembalikan kejayaan polo air Sumut di kancah bergengsi olahraga tanah air yang digelar empat tahun sekal,” ujar tokoh akuatik Sumut Tengku Rinel Rizal didampingi mantan polo air nasional Rudi Rinaldi dan Golbert Manik saat membakar semangat para atlet usai latihan di kolam selayang Jalan dr Mansyur Medan, Minggu (13/3/2022).

BACA JUGA: Persiapkan Deklarasi, Sejumlah Petinggi PB-PASU Bertemu Ketua Dewan Pembina

Bacaan Lainnya

Mantan polo air Sumut ini mengatakan kepengurusan PRSI Sumut saat ini belum mampu untuk mengangkat prestasi olahraga akuatik. Selama dua PON dilakoni pada PON Jabar 2016 dan PON Papua 2021 prestasi polo air Sumut sangat memprihatinkan.

Tambah Rinel yang juga Ketua Pengprov PRSI Sumut periode 2022-2026 hasil Musprovlub menjelaskan PON XXI/2024 Sumut merupakan salah daerah sebagai tuan rumah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan pembinaan jangka panjang kepada atlet polo air sehingga nantinya terbentuk tim polo air Sumut dengan target memberikan kontribusi emas kepada kontingen Sumut dan tentunya mengembalikan kejayaan polo air di kancah nasional.

“Untuk ke depan sebagai persiapan tim polo air Sumut menuju PON Sumut-Aceh maka kami sebagai mantan polo air merasa terpanggil hati nurani untuk memperbaiki prestasi polo air. Untuk pembinaan dan perekrutan para pemain dipercayakan kepada Golbert Manik yang merupakan mantan pemain timnas yang telah memperkuat Asean Games 2018 dan Sea Games 2019,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pada PON Sumut-Aceh juga akan membentuk tim polo air putri yang saat ini sedang dilakukan perekrutan dan nantinya dilakukan pembinaan. Baik tim putra dan putri tetap berlaku promosi dan degradasi sehingga nantinya terbentuk tim yang handal dan solid sehingga target menuju podium satu dapat terwujud.

BACA JUGA: Jadi Tuan Rumah Bersama Aceh, Gubernur Pastikan Sumut Buat Masterplan Terbaik Penyelenggaraan PON

“Intinya saat ini, kami sedang mempersiapkan atlet polo air PON 2024 mendatang baik putri maupun putra,” tutup Rinel

Sebagai catatan tim polo air Sumut pada PON XVIII/2016 Riau mendulang perunggu setelah mengalahkan Jawa Barat (Jabar) dengan skor 16-7. Raihan tersebut juga mencatat rekor polo air Sumut selalu mendapat medali pada 40 tahun terakhir. Sebelumnya, PON XVII/2008 Kalimantan Timur, tim polo air Sumut meraih medali emas. (BNL)

Pos terkait