Berkat Disiplin Prokes Atlet NPC Sumut Raih Medali Emas Di Ajang Nasional

MEDAN | kliksumut.com Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI yang diselenggarakan 2-15 Nopember 2021 di Papua telah berakhir. Namun, pesta olahraga bertaraf nasional tersebut membuat kenangan tersendiri bagi atlet NFC Sumut. Pasalnya, berkat disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) saat latihan maupun pertandingan membuat Chandra mendulang 2 emas pada Cabang Olahraga (Cabor) renang untuk kontingen Sumut.

Keberhasilan atlet-atlet NPC Sumut mengukir prestasi di ajang multi event Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 lalu tentunya tidak terlepas dari keseriusan para atlet-atlet terbaiknya dalam menjalankan program latihan secara ketat. 

Dimana dua tantangan dalam persiapan atlet harus dihadapi ditengah badai virus corona yang masih melanda tanah air termasuk daerah Sumut.

BACA JUGA: Atlet Tinju Medan Usung Prokes Menuju Persiapan Arena Porprovsu

“Pertama kita harus harus fokus membawa pulang medali dan yang kedua kita harus mengikuti anjuran pemerintah, yakni taat akan protokol kesehatan secara ketat selama mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda),” kata Chandra, peraih 2 emas no s11 Tuna Netra gaya punggung 100m dan 200m andalan Sumut di Peparnas 2021 di Medan, Sabtu (4/12/2021).

Diungkapkannya, strategi penerapan pola disiplin 3 M (Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga jarak dan memakai masker) saat memasuki tempat latihan harus senantiasa dijalani setiap saat guna terhindar dari paparan corona. Dan selama Pelatda berlangsung kita selalu diawasi guna dalam penerapannya dapat benar-benar dijalani. Dalam keseharian kita, prokes ketat selalu menjadi prioritas dan saat kembali menuju ke penginapan pun kita wajib untuk menerapkan 3M.

“Makanya sepanjang tahun 2020-2021 persiapan kami, 2  tantangan  harus kita hadapi secara bersama-sama,” ucap Chandra.

Sambungnya, hasilnya berkat kerja keras dan mampunya dirinya menjaga pola latihan yang baik ditengah tantangan untuk menghindari bahaya virus Covid- 19.

“Prestasi emas sukses kami bawa ke Sumatera Utara. Dan bagi saya pribadi, ukiran kepingan 2 medali emas ini merupakan pencapaian dari sebuah kerja keras dimassa Pandemi corona yang masih terjadi hari ini berkat disiplin Prokes,” tutur Chandra.

Dikesempatan tersebut, dirinya berpesan kepada seluruh atlet-atlet dimanapun berada untuk senatiasa tetap menjaga kesehatan dengan tetap melaksanakan Prokes.

“Meski saat ini level telah menunjukkan graffik penurunan tapi kita tidak boleh lengah, karena wabah covid-19 belum habis dan tetap mengincar siapa saja yang tak patuh dengan Prokes. Dan intinya agar kita dapat terhindar dari paparan virusnya, jalankan Prokes, konsumsi makanan bergiji dan multivitamin serta rajin membersihkan diri,” pungkas Chandra.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Atletik Sumut Tambah 2 Emas, Eko Pecahkan Rekor Peparnas

Sementara itu ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumut, Alan Sastra Ginting cukup mengapresiasi kedisplinan para atlet Sumut mulai dari terpilih seleksi, mengikuti Pelatda, saat bertanding di Peparnas dan saat kembali lagi ke daerah.

“Semua amanah yang diberikan agat taat prokes dimassa Pandemi Covid-19 dijalankan dengan sebaik-baiknya. Makanya saya salut dan bangga, berkat doa semua pihak kita mampu membayar lunas dengan ukiran medali emas, perak dan perunggu sekaligus mampu mengamankan posisi 5 besar di Peparnas 2021 untuk kontingen Sumut,” tutup Alan yang juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Dispora Sumut. (BNL)

Pos terkait