Atlet Tinju Medan Usung Prokes Menuju Persiapan Arena Porprovsu

banner 468x60

MEDAN | kliksumut.com Meskipun penyebaran Covid-19 mulai menurun di Kota Medan, petinju di Medan tetap eksis disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Para atlet tinju mulai terbiasa latihan dengan menerapkan Prokes sebagai persiapan menuju arena level Sumatera Utara bertajuk Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) yang akan di helat tahun depan.

“Kasus Covid-19 di Indonesia memang menurun. Tapi, bukan berarti virus itu telah hilang dalam kehidupan kita. Kita wajib tetap waspada dan jangan sampai lengah. Tentunya penerapan Prokes yang dianjurkan pemerintah sebagai senjata ampuh untuk menyingkirkan dari paparan virus Covid-18,” ujar Irianto Bakti pelatih tinju Medan, Kamis (2/12/2021).

Sambung pelatih kampung ini untuk itu, kita tetap mewajibkan semua atlet yang dilatihnya menerapkan Prokes. Meskipun semua atlet sudah divaksin secara lengkap, bukan jaminan terhindar dari virus berbahaya tersebut.

BACA JUGA: Jelang Porprovsu Atlet Medan Wajib Disiplin Protokol Kesehatan

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kita tidak pernah bosan selalu ingatkan kepada petinju untuk selalu menggunakan masker di mana pun mereka berada. Kemudian harus rajin mencuci tangan dan jangan berkerumun kalau tidak penting,” tegasnya.

Pelatih yang menangani petinju Sumut di PON XX Papua 2021 tersebut menambahkan, sejauh ini atlet binaannya sudah terbiasa menerapkan prokes. Para atlet disebutkan sudah sadar dengan bahaya virus tersebut.

“Atlet kita mulai sudah sadar dengan bahaya virus tersebut. Terkadang mereka saling mengingatkan jika ada temannya tidak menggunakan masker,” ungkap pemilik sasana Fox Boxing Camp tersebut.

Irianto Bakti menambahkan, situasi sekarang ini memang serba salah. Virus masih mengancam, namun pembinaan harus tetap berjalan. Solusinya adalah menerapkan Prokes.

“Kita tidak boleh main-main dengan ancaman virus itu. Apalagi sekarang ini adalagi varian baru Omicron. Kita tidak bisa pesrah begitu saja. Solusinya adalah disiplin Prokes,” tegasnya.

Selepas mengantarkan Saroha Tua Lumbantobing meraih medali emas di PON XX Papua 2021, Irianto Bakti fokus menangani petinju binaanya di sasana milik sendiri, Fox Boxing Camp. Sasaran yang berada di Jalan Bambu II, Kelurahan Durian, Medan Timur tersebut menangani enam petinju yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2022.

Sementara itu, petinju wanita Kota Medan, Murni Ayu Lestari sudah menjalani vaksinasi secara lengkap. Namun, atlet berusia 20 tahun tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan saat berlatih maupun kehidupan sehari-hari sebagai persiapan menuju Porprovsu

Murni Ayu Lestari merupakan salah satu atlet yang ikut dalam program vaksinasi KONI bekerja sama dengan Pemko Medan. Vaksinasi pertama dilakukan pada Juli lalu, sedangkan yang kedua dilaksanakan pada Sabtu (7/8/2021) kemarin.

Petinju kelas 48 kg ini mengaku sangat beruntung bisa ikut dalam program vaksinasi atlet KONI Medan. Dengan demikian, dia tidak perlu repot-repot mencari tempak vaksinasi ke rumah sakit hingga Puskesmas.

“Saya memberikan apresiasi kepada program vaksinasi atlet tersebut. Itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemko Medan dan KONI Medan terhadap atlet,” ujar Murni Ayu Lestari.

BACA JUGA: Catur Piala Wali Kota Medan Diharapkan Lahirkan Atlet Berprestasi

Setelah menerima vaksin secara lengkap, putri pertama pasangan Faozaro Mendrofa dengan Dermawan Wati Napitupulu tersebut mengaku lebih percaya diri. Dia mengungkapkan bisa lebih fokus untuk menjalani latihan.

“Saya lebih tenang setelah vaksinasi lengkap. Tapi, meskipun sudah divaksin secara lengkap, kita tidak boleh lengah. Prokes harus tetap dipatuhi, karena vaksinasi bukan jaminan terhindari dari Covid-19,” papar alumni SMA Negeri 7 Medan tersebut.

Untuk itu, juara Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) 2019 ini tetap mematuhi prokes saat latihan maupun di luar rumah. Dia hanya melepaskan masker saat menjalani latihan.

“Kalau masker hanya dilepaskan saat latihan di atas ring. Selain itu selalu rajin cuci tangan dan menjaga jarak. Kita tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan diri,” tandasnya petinju yang sedang mempersiapkan diri menuju Porprovsu sebagai ajang seleksi menuju PON XXI/2024 Sumut-Aceh. (BNL)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60