Kepala BEI Sumut: Di Masa Pandemi Investasi Bantu Pemulihan Ekonomi

Kepala BEI Sumut: Di Masa Pandemi Investasi Bantu Pemulihan Ekonomi
Ilustrasi
banner 468x60

MEDAN | kliksumut.com Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumut, Muhammad Pintor Nasution mengatakan, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, investasi menjadi salah satu cara yang digunakan untuk membantu pemulihan perekonomian nasional.

“Bahkan kini investasi saham di pasar modal telah menjadi tren di kalangan masyarakat karena kemudahannya dalam proses transaksi yang bisa dilakukan secara virtual dari rumah saja,” kata Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumut, Muhammad Pintor Nasution, Jumat (16/7/2021).

Menurutnya saat ini investasi saham dianggap lebih mudah karena transaksi perdagangannnya yang dilakukan menggunakan sistem perdagangan yang terhubung dengan aplikasi yang disiapkan setiap perusahaan efek yang memiliki fasilitas e-trading. Artinya, setiap perdagangan saham dicatat dan diperjualbelikan secara elektronik.

Layaknya menyimpan uang di bank dimana nasabah harus terlebih dahulu membuka rekening pada bank bersangkutan, demikian pula menjadi investor saham.

BACA JUGA: Tingkatkan Jumlah Investor, BEI Luncurkan Inovasi Digital

Investor harus membuka rekening (baik rekening Efek maupun rekening dana nasabah) pada perusahaan efek atau perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas pihak akan memfasilitasi transaksi investor. Karena sistem perusahaan efek terhubung dengan investor pemula, perlu mengetahui bahwa ada tiga papan pencatatan di BEI.

Mengapa disebut papan padahal saat ini semua saham tercatat secara elektronik.

Istilah papan mengacu pada perdagangan saham pada masa lalu ketika transaksi saham masih dilakukan secara manual.

Perdagangan saham pada masa lalu dilakukan para broker perusahaan efek dengan cara menulis penawaran jual dan beli saham di papan tulis yang dipasang di dinding di lantai bursa.

Para broker ini bertransaksi mewakili para investor yang menjadi nasabah di perusahaan sekuritas masing-masing.

Ada tiga papan yang isinya adalah pengelompokan saham-saham. Pertama Papan Utama, yang berisi saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar dan jumlah pemegang saham lebih dari 1.000 pihak.

Nilai kapitalisasi pasar sendiri adalah jumlah saham yang dicatatkan di BEI dikali dengan harga saham.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60