Bupati Sergai Narsum Rakor Tanggap Ancaman Narkoba, Pentingnya Kerjasama

Bupati Sergai Narsum Rakor Tanggap Ancaman Narkoba, Pentingnya Kerjasama
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya selalu menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga dengan masyarakat dan komitmen dalam pemberantasan narkoba.
banner 468x60

Inilah saatnya kita berkumpul, berdiskusi bagaimana tindaklanjutnya. Kami sengaja mengundang Bapak Bupati untuk melihat langsung bagaimana langkah-langkah yang dilakukan OPD, kepolisian, TNI untuk menaikkan tanggap darurat kita atas narkoba ini, ujarnya.

“Saat ini Sergai tergolong kabupaten yang Cukup Tanggap dalam penilaian yang dilakukan tahun 2019. Harapan kami, penilaian di tahun 2021 ini nilai kita bisa naik dari sebelumnya 40,48. Sehingga kita bisa masuk dalam target 60 Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba (Kontan) dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ia juga mengharapkan seluruh OPD bisa membantu BNN dalam melakukan kegiatan atau program yang bisa menghalau masuknya narkoba.

BACA JUGA: Sergai Buat Vaksin Aman Untuk Ibu Hamil 13 Minggu Keatas

Setidaknya ada 5 variabel, katanya lagi, yang menjadi penilaian. Pertama Ketahanan Keluarga dimana indikatornya meliputi perilaku sehat, keeratan sosial, keharmonisan keluarga. Kedua, Ketahanan Masyarkaat yang indikatornya meliputi kesadaran hukum narkotika, partisipasi masyarakat, partisipasi lingkungan pendidikan (SMP, SMA, Perguruan Tinggi), dan partisipasi dunia usaha. Selanjutnya variabel Kewilayahan, Kelembagaan, dan Hukum.


“Variabel-variabel ini lah yang kita harapkan agar dinas-dinas seperti Pendidikan, PMD, Sosial, dan lainnya membuat kegiatan yang berkaitan. Seperti Dinas Pendidikan dengan memberikan edukasi terhadap narkoba, Dinas Sosial dalam fasilitas edukasi kepada keluarga lewat petugas PKH,” pungkasnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dan pesertanya juga akan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat. (Budi Lubis)



banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60