Plt Wali Kota Tanjungbalai Terima Kunjungan Silaturahmi Ketua Umum PB MABMI Dato’ Seri H Syamsul Arifin

Plt Wali Kota Tanjungbalai Terima Kunjungan Silaturahmi Ketua Umum PB MABMI Dato' Seri H Syamsul Arifin
Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Melayu Indonesia (PB MABMI) Dato’ Seri H Syamsul Arifin
banner 468x60

TANJUNGBALAI | kliksumut.com Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Melayu Indonesia (PB MABMI) Dato’ Seri H Syamsul Arifin melakukan kunjungan silaturahmi dengan pemerintah kota Tanjungbalai, semua Etnis dan tokoh agama kota Tanjungbalai yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jl Sudirman, Tanjungbalai, Kamis (13/1/2022).

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib langsung menyambut Tokoh yang bergelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku itu dengan penuh kehangatan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bahkan melaksanakan jamuan makan khas melayu dan acara seremoni penyambutan dari mulai pencak silat, tarian persembahan dan unsur resam adat melayu.

BACA JUGA: Plt Wali Kota Tanjungbalai Tinjau Rencana Pembangunan Pesantren Moderen Misbah El Shuduri

Ketua Umum PB MABMI Syamsul Arifin yang merupakan Gubernur Sumatera Utara ke-15 itu datang ke kota kerang didampingi istri tercinta Datin Hj Fatimah Habibi, Ketua PD MABMI Tanjungbalai Hj Delima serta beberapa Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah.

Plt Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib menyampaikan dalam sambutannya pemerintah kota Tanjungbalai akan mengangkat kembali citra sejarah kebudayaan Melayu untuk dikenal oleh generasi Tanjungbalai dimasa depan.

“30 persen lebih jumlah penduduk populasi Melayu di Tanjungbalai. Walaupun saya suku Jawa dan Ketua Pujakesuma. Tapi saya ingin Melayu ini tetap hidup dan berkembang. Jangan sampai generasi anak muda lupa dengan Melayu, karena bumi Tanjungbalai adalah Bumi dan tanah Melayu,” ucapnya.

H Waris Thalib mengungkapkan bahwa melalaui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan PD MABMI Tanjungbalai khususnya, harus bekerjasama merealisasikan program dan gagasan Pemkot Tanjungbalai untuk menghidupkan kembali kesejarahan Melayu di kota yang di cintai ini.

Kota Tanjungbalai akan membuat museum melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya di Tanjungbalai. Sudah kita arahkan itu difungsikan nanti pada Bangunan Bersejarah. Dinas Pendidikan sedang memprosesnya.

“Saya juga punya niat ada 3 istana peradaban Melayu harus kembali berdiri kokoh di Tanjungbalai,” kata Waris menegaskan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

BACA JUGA: Pemkot Tanjungbalai Serahkan Bantuan Insentif Guru Agama, Bilal dan Petugas Kebersihan

Bahkan dengan konsep seperti anak – anak Tanjungbalai para pelajar akan dibawa kesana untuk mengenalkan Melayu dan dirinya juga menyapaikan bahwa akan membuat Sayembara pertunjukan terkait kekayaan Melayu dari mulai tarian, nyanyian dan lain lain.

Plt Walikota Waris juga mengungkapkan rasa gembira dan bahagia dapat menerima silaturrahmi dengan Dato’ Syamsul Arifin.

“Terima Kasih kepada Dato’ yang sudah berkenan hadir di Tanjungbalai. Semoga kehadiran Dato’ membawa keberkahan bagi Tanjungbalai,” sambutnya.

Selain ramah tamah makan bersama, silaturahmi tersebut diisi dengan pemberian penghargaan dari MABMI kepada Plt Walikota dan Pemkot Tanjungbalai memberikan cinderamata kepada Dato’ Syamsul Arifin. Kemudian tidak lupa para hadirin undangan antusias berfoto bersama. (Gani)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60