Lestarikan Songket Palembang, Songket PaSH Manfaatkan Tokopedia untuk Luaskan Pasar

Lestarikan Songket Palembang, Songket PaSH Manfaatkan Tokopedia untuk Luaskan Pasar
Songket PaSH menggunakan beragam fitur di Tokopedia demi mencapai hasil yang maksimal, seperti Flash Sale, Diskon Toko, Voucher Toko, Paket Bundling, dan TopAds. Penggunaan sederet fitur ini, turut mendatangkan lebih banyak pelanggan serta meningkatkan penjualan Songket PaSH hingga 3x lipat.

JAKARTA | kliksumut.com Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual, dimana hampir 100%nya adalah UMKM, terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk memberikan peluang UMKM lokal menjadi raja di tanah air.

Contohnya UMKM asal Palembang, Songket PaSH. Usaha yang didirikan Kiagus Muhammad Aditia sejak 2011 terus berkembang sejak memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia.

BACA JUGA: Tokopedia Ungkap Lima Tips Bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan untuk UMKM

Tinggal di kota penghasil industri songket, Tangga Buntung, Aditia merasa songket Palembang sebagai warisan budaya yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan.

“Songket itu sangat terbatas pelanggannya karena harga yang relatif mahal. Karena itu, saya mulai membuat beragam inovasi produk songket dengan harga yang lebih bervariasi dan bahkan bisa jadi pilihan oleh-oleh,” terangnya.

Ia membuat ratusan produk berbahan songket, mulai dari tas, clutch, gantungan kunci, pouch hingga ID card holder. Aditia pun kerap memanfaatkan bahan baku dari lingkungan sekitar, contohnya kayu waru.

“Tidak banyak yang menggunakan kayu ini, karena tidak terlalu kuat untuk bahan pembuatan rumah dan sering menjadi limbah. Untuk itu, saya coba untuk mulai mengolah kayu ini menjadi beragam produk fesyen yang bisa dipadukan dengan songket,” tambahnya.

Pos terkait