Laporan Politik Uang Telah Diterima Bawaslu Samosir

Laporan Politik Uang Telah Diterima Bawaslu Samosir
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga

SAMOSIR | kliksumut.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga mengakui telah menerima laporan dugaan politik uang tim pasangan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga.

“Sudah, sudah kami terima, sedang kami rapatkan,” ujarnya singkat saat dihubungi, Minggu, (13/12/2020).

Sementara pengacara Rapidin Simbolon, BMS Situmorang menerangkan, pihaknya telah melayangkan laporan politik uang dengan melampirkan bukti bukti berupa surat pernyataan dan bukti rekaman.

Baca juga : Rapidin: Kapolres Samosir Kurang Respon Laporan Dugaan Politik Uang

Bacaan Lainnya

“Kemarin sabtu siang kami bersama tim hukum DPP PDI Perjuangan telah menyampaikan 4 laporan dan akan terus kami sampaikan laporan dan bukti bukti politik uang,” kata BMS.

Sebelumnya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Rapidin Simbolon-Juang Sinaga (Rap Berjuang) memiliki batas waktu sampai 16 Desember 2020 untuk melaporkan dugaan money politic secara terstruktur sistematis dan massif (TSM) di Pilkada Samosir 2020 ke Bawaslu.

Pasalnya, Bawaslu hanya bisa menerima laporan maksimal 7 hari setelah peristiwa tersebut terjadi. Apabila peristiwa money politic ditemukan 9 Desember, maka batas akhir pelaporan adalah 16 Desember.

Baca juga : Dugaan Politik Uang, Rapidin : Partai Pengusung Siap Investigasi Hasil Pilkada Samosir

“Bawaslu Samosir yang akan memproses secara administrasi, kemudian Bawaslu Provinsi Sumut yang akan menyelesaikannya. Dengan ketentuan laporan tersebut harus diterima Bawaslu Samosir paling lama 7 hari setelah peristiwa terjadi,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang, Sabtu (12/12/2020).

Suhadi kembali mengingatkan bahwa laporan yang disampaikan oleh pelapor ke Bawaslu Samosir nantinya harus terpenuhi syarat formil dan materil. Termasuk juga bukti dan saksi, harus lengkap. (f.sianturi)

Pos terkait