Triathlon Sumut Gelar Pelatihan Wasit-Juri Level Provinsi Tahun 2022

Triathlon Sumut Gelar Pelatihan Wasit-Juri Level Provinsi Tahun 2022
Pengurus Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Sumatera Utara (Sumut)

MEDAN | kliksumut.com Pengurus Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Sumatera Utara (Sumut) Menggelar Pelatihan Wasit-Juri Level Provinsi Tahun 2022.di Raz Hotel & Convention Jalan dr Mansur Medan. Kegiatan ini dibuka Kadispora Sumut diwakili Kabid Pembudayaan Olahraga, Josua Sinurat, Sabtu (28/5/2022).

“Atas nama pemerintah Sumatera Utara, kami sangat bangga atas kegiatan pelatihan wasit-juri. Kegiatan ini merupakan salah satu persiapan Sumut menuju PON XXI/2024. Sama-sama kita ketahui Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah,” ujar Josua.

Mantan atlet gulat nasional ini menerangkan pada PON 2024, wilayah Aceh mempertandingkan 32 cabang olahraga dan Sumut mempertandingkan 33 cabang olahraga. Salah cabang olahraga yang dipertandingkan triathlon. Triathlon merupakan olahraga yang terdiri dari lari, balap sepeda dan renang. Tentunya sangat memerlukan energi luar biasa dan harus memiliki fisik yang prima bagi atlet bertanding.

BACA JUGA: Atlet Medan Optimis Raih Medali Di Sea Games Vietnam

“Untuk itu perlu persiapan yang matang bagi atlet. Untuk pengembangan pembinaan atlet harus disesuaikan dengan daerah dengan pantai, misalnya Medan dekat dengan Belawan dan Sibolga juga dekat dengan pantai serta Tanjungbalai dan Asahan juga daerah yang memiliki pantai. Selain itu, perlu peranan penting bagi wasit-juri kesiapan para atlet tersebut. Tentunya menilai atlet saat bertanding sesuai dengan aturan yang berlaku,” tutur Josua.

Lebih lanjut Josua menambahkan pembinaan atlet harus difokuskan sehingga 3 atau 4 emas menjadi milik kontingen Sumut pada PON 2024. Disinilah perlu peranan sinergitas dan kerjasama dengan dinas pariwisata, sehingga Sumut semakin jaya melalui triathlon.

Sebelumnya Ketua FTI Sumut Yopie War mengatakan tujuan dari pelatihan wasit-juri ini meningkatkan SDM khususnya di Sumut dan juga merupakan program FTI Sumut. Apalagi wasit-juri di Sumut sangat minim dan tentu persiapan PON XXI 2024, di mana cabor triathlon diadakan di Aceh.

“Para wasit-juri yang mengikuti pelatihan memiliki sertifikasi dari generasi ke generasi di cabor triathlon. Bagi para peserta yang mengikuti pelatihan merupakan level provinsi dan dapat ditingkatkan menjadi level nasional. Untuk saat ini Sumut memiliki 3 wasit-juri nasional sehingga ke depannya Sumut memiliki minimal 10 wasit-juri nasional,” tutur Yopie.

Sambung Yopie, pada PON XX/2021 di Papua cabor triathlon dipertandingkan sebagai partai eksbisi. Untuk PON Sumut-Aceh para atlet yang berlaga telah mendapat medali untuk kontribusi masing-masing provinsi. Untuk Indonesia cabor triathlon telah mengikuti even internasional seperti SEA Games. Kendala bagi triathlon Sumut sampai saat ini belum terdaftar di KONI Sumut. Padahal triathlon Sumut telah terbentuk pada 2015. Meskipun belum terdaftar di KONI Sumut, pengurus FTI Sumut berusaha maksimal untuk memberikan kontribusi medali untuk kontingen Sumut.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Atlet Kota Medan Tetap Jadi Andalan Tingkat Regional dan Nasional

“Untuk saat ini telah terbentuk sebanyak 11 kepengurusan triathlon di kota/kabupaten yaitu Medan, Deliserdang, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Karo, Samosir, Sibolga, Tapteng, Binjai dan Langkat. namun sangat disayangkan triathlon Sumut belum bergabung dengan KONI Sumut padahal sesuai syaratnya untuk bergabung dengan KONI Sumut harus memiliki minimal 10 pengurus olahraga di kota/kabupaten. Sedangkan triathlon Sumut telah memiliki 11 pengurus kota/kabupaten,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia Jhon Piter Sihombing mengatakan Pelatihan Wasit-Juri Level Provinsi Tahun 2022 diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari Sumut, Aceh dan Riau. Kegiatan ini berlangsung dari Sabtu (28/5/2022) dan berakhir Senin (30/5/2022).

Ia menambahkan materi pelatihan wasit-juri terdiri dari sport leadership, manajemen organisasi FTI, competition ruler world triathlon dengan materi transition area, swimming, bike dan run.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM wasit-juri triathlon dan diharapkan dapat menjadi pelaku olahraga pada PON XXI yang di gelar Sumut-Aceh pada 2024 mendatang,” tutupnya.

Susunan pengurus FTI Sumut 2020-2024

Ketua Umum : Yopie War, S.Pd
Ketua Harian : Ahmad Yani Nasution
Sekretaris Umum : Suyono, S.Pd., M.Or
Wakil sekretaris : Ali Mukhtar Harahap
Bendahara Umum : Amelya Sari
Wakil Bendahara : Yuni Fitriani
Bidang Organisasi & Aturan
Ketua : Rinto Hendra, S.Pd
Anggota : Ardhi Surya Simangungsong, S.Pd
Bidang Pembinaan Prestasi
Ketua : Yusuf, M.Pd
Anggota : 1. Rahmin Simatupang
2. Mayor Willy Zulkifli, S.Pd
Bidang Pembinaan Pelatih, Wasit dan Juri
Ketua : Saferius Gulo, S.Pd
Anggota : 1. Rizal Sihombing
2. Ronald Aritonang, S.Pd
Bidang Penelitian dan Pengembangan
Ketua : Dr. Yahfizham, M.Cs
Anggota : Jhon Piter A. Heryanto, S.Pd
Bidang Kompetisi dan Sponsorship
Ketua : Riswanto Sitompul
Anggota : M. Idrus, S.Pd

Bidang Humas dan Promosi
Ketua : Dedi Arianto, M.Pd
Anggota : Roma Maranatha Panjaitan, S.Pd
(BNL)

Pos terkait