Polres Tapteng Koordinasi Dengan Dinas Pertanian Tapteng terkait Penyakit Mulut dan Kuku Ternak

TAPTENG | kliksumut.com Polres Tapanuli Tengah Melalui Satuan Reserse Kriminal lakukan Koordinasi Terkait Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan Ternak, Senin (16/5/2022).

Kegiatan Koordinasi dilaksanakan diruangan Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan Kabaupaten Tapanuli Tengah, dihadiri oleh Personil Polres Tapanuli Tengah melalui perwakilan PS Kanit Tipidter AIPTU PJ. Sihombing, Sekretaris Dinas Pertanian Nurhalimah Hutagalung, Kabid Peternakan Erni dan Drh. Wahty Sihombing.

BACA JUGA: Pemkab Tapteng Catat Sejarah Dua Kali Raih Opini WTP dari BPK RI

Dari hasil koordinasi bahwa Penyakit mulut dan kuku pada binatang dapat terjangkit pada hewan ternak jenis Kerbau, Sapi, domba, kambing dan babi

“Saat sekarang ini untuk wilayah Tapanuli tengah belum ada jenis binatang yang terinfeksi dengan penyakit tersebut yang ada baru di Propinsi Aceh khususnya wilayah Aceh Tamiang,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Nurhalimah Hutagalung.

Berhubung Aceh Tamiang berdekatan dengan wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, sehingga atas instruksi Kepala Dinas Pertanian Propinsi melalui Kepala Dinas Pertanian Kab. Tapteng Kabid Peternakan agar dilakukan deteksi dini.

Untuk mengantisifasi PMK tersebut adalah Polres Tapteng siap mendampingi Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kab. Tapteng untuk kedepan nya Melakukan sosialisasi melalui petugas peternakan yang ada di 20 Kecamatan wilayah Kab. Tapanuli tengah dengan pelaku usaha peternakan dan pemelihara ternak.

Dinas Pertanian Tapteng juga mengingatkan masyarakat agar jangan mengambil/membeli ternak dari wilayah Propinsi Aceh khususnya wilayah Aceh Tamiang.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Warga Kaget Ada Mayat di Sungai Sarudik Tapteng

“Kita ingatkan peternak, pelaku usaha jual beli ternak untuk mengurangi kontak fisik dengan hewan ternak untuk mengantisipasi penularan PMK” disampaikan Sekdinas Pertanian.

PS. Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Tapteng menyampaikan bahwa unitnya akan bekerjasama dengan Kabid Peternakan Dinas Pertanian Tapteng untuk melakukan razia dan pemantauan terhadap kenderaan yang membawa ternak diwilayah Tapteng. (Benny)

 

Pos terkait