Kita Bisa Terhindar Dari Covid-19 Cukup Patuhi Prokes dan Penyemprotan Disinfektan

Kita Bisa Terhindar Dari Covid-19 Cukup Patuhi Prokes dan Penyemprotan Disinfektan
Alian Napiah Siregar : Penulis Covid-19


Penulis : Alian Napiah Siregar

MEDAN | kliksumut.com – Semakin hari penderita Corona Virus Diseases-19 (Covid-19) di kota Medan terus menurun dan untuk yang sehat juga semakin banyak. Hal ini disebabkan kesadaran warga kota Medan dalam mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) cukup baik sekali. Selain itu juga masyarakat mau diareal rumahnya dilakukan penyemprotan disinfektan (penyemprotan pembasmi Covid-19).

Warga kota Medan yang mematuhi Prokes itulah penyebab turunnya penderita Covid-19. Dimana aturan yang ada dalam Prokes tersebut antara lain, memakai Masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Dengan mematuhi Prokes mudah-mudahan, kita akan terhindar dari Covid-19.

Penggunaan Masker dalam upaya mencegah virus Covid-19 kedalam tubuh kita. Karena virus Covid-19 menyebar melalui hidung, mulut dan mata.

Untuk itu, kita juga harus menjaga jarak dengan lawan bicara, tujuan juga agar terhindar dari virus Covid-19. Sebab, kita tidak tahu apakah lawan bicara kita terkena virus Covid-19 apa tidak.

Selain itu juga, kita harus mencuci tangan, dengan tujuan juga menghindari penyebaran Covid-19, usai kita berjabat tangan dengan orang lain. Mana tahu, entah kita memegang sesuatu yang tanpa sadar rupanya ada lengket virus Covid-19. Dan mencucian tangan dengan air mengalir pakai sabun bisa juga dengan hand Saniteser.

Sebagaimana pengalaman seorang yang terkena Covid-19 bernama Albon Sidauruk Kepala Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan. Pada Jum’at 20 Nopember 2020 menceritakan pengalamannya saat menderita Covid-19. “Melakukan isolasi mandiri, berjemur setiap pagi, dan harus berada diruangan yang bersuhu diatas 27 derajat Celcius tak lupa memakan makan bervitamin meningkatkan daya tahan tubuh,” katanya.

Dikatakannya, Selama isolasi mandiri 10 hari barulah diketahui apa dan bagaimana cara penularan virus Covid-19. Diantaranya,
Penyebar melalui hidung, mulut dan mata. Maka kita harus pakai Masker, menjaga jarak dengan lawan bicara dan mencuci tangan. “Jadi benarlah Peraturan Kesehatan (Prokes), dan untuk membunuh virus Covid-19 kita harus memakan-makanan yang membuat imun tubuh kuat. Selain itu, harus berada diruangan diatas 27 Derajat Celsius. Tujuannya agar virus Covid-19 cepat mati,” terangnya.

Dan untuk mematikan Covid-19, harus dilakukan penyemprotan disinfektan didalam ruangan kantor, perusahaan dan rumah itu lebih efektif. Kalau penyemprotan disinfektan hanya dilakukan diluar rumah itu tak ada artinya. Tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan didalam ruangan agar Covid-19 yang menempel diruangan mati. Karena kita tidak tahu ada yang menempel pada benda yang kita bawa apakah itu tas, Handphone atau lainnya.

Jadi, dengan kita mematuhi prokes dan melakukan penyemprotan disinfektan diruang serta selalulah kita berada diruangan diatas 27 derajat celcius mudah-mudahan akan terhindar dari Covid-19.

Medan pada hari Minggu 22 Nopember 2020 dari 7.421 terkontaminasi Covid-19 kini sudah sembuh 6057 sembuh. Dari sini kita ketahui tingkat penderita Covid-19 dari bulan-bulan sebelumnya menurun, dan yang sembuh juga sudah banyak.

Untuk itu, mari kita patuhi prokes yakni,
Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan. Siapa yang menjaga kesehatan kita, kalau tak kita sendiri.

admin

Next Post

Lagi, Kemendikbud Tutup Empat PTS di Sumut

Ming Nov 22 , 2020
MEDAN | kliksumut.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menutup empat lagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara di 2020 ini. Penutupan keempat PTS itu terungkap dalam pertemuan rapat kerja (raker) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut 2020 yang digelar di salah satu hotel di Sibolangit selama tiga […]
Lagi, Kemendikbud Tutup Empat PTS di Sumut
Desember 2020
SSRKJSM
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031 

Laman