Hati-Hati Beli Rumah atau Kredit dari Developer yang Gunakan Lahan Eks PTPN II

Pratisi Hukum, Dongan N Siagian SH
Pratisi Hukum, Dongan N Siagian SH

MEDAN | kliksumut.com – Siapa yang tidak ingin mempunyai rumah atau membeli rumah yang layak dan asri, maka masyarakat atau konsumen harus jeli melihat lokasi lahan bermasalah atau tidak.

Nah, sekarang para developer berbondong-bondong menyerobot atau mengambil ahli lahan eks. PTPN II untuk menjadi perumahan elit atau perumahan yang layak untuk di jual kepada para kosumennya.

Bacaan Lainnya

“Lahan PTPN II masih dalam sengketa, kalau sampai developer menjual belikan dengan janji akan menjadi hak milik. Maka ini menjadi penipuan bagi konsumen,” jelas Dongan N. Siagian SH yang merupakan Pratisi Hukum Pelita Konstitusi & Associates Senin (9/3/2020) kepada kliksumut.com.

Baca juga : Samera Propertindo Diduga Cacat Hukum Beli Lahan PTPN II

Dongan N. Siagian SH juga menjelaskan bahwa lahan PTPN II itu, hanya penerimaan hak guna usaha dan Developer juga harus urus izin hak guna bangunan (HGB) bila akan membangun properti. maka tanah HGU itu milik negara dan bukan milik Persero, jadi tidak ada dibolehkan untuk dijual.

“Kalau ada developer membeli lahan PTPN II, maka ini sudah salah. Maka masyarakat harus berhati-hati untuk membeli lahan atau rumah yang masih dalam sengketa, sebab pasti ini akan merugikan konsumen untuk kedepannya,” sebut Dongan N. Siagian SH.

Bukan hanya itu aja, pratisi hukum ini juga menjelaskan bahwa para konsumen akan tertarik dengan bujuk rayuan para developer yang mengait konsumen agar mendapatkan keuntungan yang cepat.

“Jelas para developer akan menarik pembeli dengan cara-cara promo yang diberikan, bahkan uang muka yang diberikan akan murah,” sebut Dongan N. Siagian SH.

Baca juga : Kuasa Hukum : Edy itu, Harusnya Berterimakasih

Dia juga menjelaskan bahwa ada beberapa developer di kota Medan bahkan dari developer yang kelas internasional melakukan investasinya untuk membangun properti yang mewah dengan tipe perumahan elit.

Maka Dongan N. Siagian SH menghimbau kepada para masyarakat khususnya konsumen agar berhati-hati atau jeli dalam membeli rumah atau lahan yang ingin kita tempatkan, Sebab banyak sekali oknum-oknum nakal yang diduga memperjual belikan lahan-lahan bermasalah di Sumatera Utara seperti Lahan PTPN II. (wl)

Pos terkait