SBMPTN Diumumkan, USU Terima 2.463 dan Unimed 3.749

  • Whatsapp
SBMPTN Diumumkan, USU Terima 2.463 dan Unimed 3.749
Gedung Universitas Sumatera Utara (USU)

MEDAN | kliksumut.com Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 diumumkan secara serentak Senin (14/6/2021). Pada jalur ini Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.463 dan Universitas Negeri Medan (Unimed) 3.749 mahasiswa baru.

Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi menyebutkan, dari 2.463 itu terdiri dari 1.327 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kelompok saintek dan 1.136 kelompok soshum. Sedangkan untuk jumlah penerima KIP-K sebanyak 556 orang terdiri 292 dari kelompok saintek dan 264 soshum.

“Selamat kepada peserta yang lulus saya berharap agar para mahasiswa baru dapat menjalani masa perkuliahannya dengan baik meskipun di bawah pandemi Covid19 yang masih belum mereda,” kata rektor melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia MPsi Psikolog.

Rektor juga berharap agar para mahasiswa baru dapat beradaptasi cepat dengan sistem perkuliahan yang direncanakan akan berlangsung secara hybrid.

Baca juga: USU Masuk Pemeringkatan Kampus Top Dunia

Menurut Rektor, pandemi tidak berarti harus menghentikan seluruh aktivitas melainkan dituntut untuk semakin kreatif dan tangguh dalam memperjuangkan cita-cita dan kehidupan masa depan yang lebih baik.

“Pandemi adalah kesempatan bagi kita semua dalam mengeksplorasi seluruh kemampuan yang dimiliki dibarengi dengan upaya meningkatkan kemampuan serta kompetensi keilmuan secara terus-menerus. Semoga apa yang kalian cita-citakan dapat segera tercapai,” katanya.

Rektor menjelaskan, untuk program studi favorit dengan peminat yang tinggi di kelompok saintek terdiri dari; Prodi Teknik Industri, Ilmu Keperawatan dan Teknik Mesin. Sementara untuk kelompok soshum yakni Prodi Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris dan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Nilai tertinggi berdasarkan prodi diurutkan teratas diraih Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Industri, Teknologi Informasi dan Manajemen. Keketatan persaingan di kelompok saintek pada prodi Farmasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter. Sedangkan di kelompok soshum di prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Manajemen dan Psikologi.

Pos terkait