Polres Pematangsiantar Bongkar Sindikat Pengedar Narkoba Asal Simalungun

PEMATANGSIANTAR | kliksumut.com Tiga pria yang terlibat sindikat peredaran gelap narkotika jenis sabu masing-masing inisial YJ (20), AS (33) dan A (46) dibekuk petugas Sat Narkoba Polres Pematangsiantar dari wilayah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Informasi dihimpun, dari pengungkapan peredaran gelap itu, kedua pria inisial YJ (27) dan AS (33) warga Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, pertama kali diamankan petugas Sat Narkoba Polres Pematangsiantar.

BACA JUGA: Polres Pematangsiantar Sambut Kunker Tim Supervisi dan Asistensi Fungsi Keuangan Polda Sumut

“Tersangka YJ dan AS kita amankan pertama kali saat bertransaksi sabu di pinggir Jalan Taurus II, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu (1/6/2022) malam,” kata Kasi Humas Polres Pematangsiantar, AKP Rusdi saat konfirmasi via selulernya, Minggu (5/6/2022).

Setelah diamankan kata dia, petugas menggeledah badan keduanya dan dari tangan inisial AS ditemukan 1 buah plastik asoi yang didalamnya ada 1 plastik klip berisi 2 bungkus sabu, 1 paket sabu, 1 unit hape merk Nokia warna hitam.

Lalu dari tersangka YJ, petugas mengamankan 1 unit hape merk Nokia warna biru, 1 buah dompet warna cokelat berisi uang Rp 220 ribu dan turut diamankan 1 unit sepeda motor Honda Vario tanpa plat yang dikendarai kedua tersangka.

Selanjutnya kata Rusdi, petugas menginterogasi terkait kepemilikan sabu tersebut dan diakui keduanya didapatkan dari inisial A alias Cungli. Tanpa membuang waktu, petugas langsung melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tersangka A alias Cungli di rumahnya di Desa Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Kamis (2/6/2022) dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

Dari penggeledahan petugas di rumahnya, petugas menemukan 1 buah kantongan kain warna merah yang didalamnya ada 1 paket sabu dan 1 unit timbangan digital, lalu ditemukan 1 unit hape merk Samsung, uang sebanyak Rp 25 ribu.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Polres Pematangsiantar Sambut Kunker Tim Supervisi dan Asistensi Fungsi Keuangan Polda Sumut

Tidak hanya itu, dari atas tempat tidur di dalam kamarnya ditemukan 1 buah toples transparan yang didalamnya ada 1 bungkus sabu, 1 buah sendok terbuat dari pipet dan 1 bungkus plastik klip kosong.

Namun saat diinterogasi, tersangka A alias Cungli mengakui sabu itu miliknya yang didapatkan dari seseorang inisial B warga kota Medan. Kemudian petugas melakukan pengembangan, akan tetapi tidak berhasil menemukan sosok inisial B tersebut.

Ia menambahkan, seluruh barang bukti bersama ketiga tersangka diboyong ke Polres Pematangsiantar untuk pemeriksaan lebih lanjut di ruang penyidik Sat Narkoba.

“Ketiga tersangka mengakui barang haram itu milik mereka dengan total sabu seberat 44,60 gram disita petugas,” tandas Rusdi. (Ando)

Pos terkait