Mahasiswa PJKR FIK Unimed Berhasil Meraih Medali Perak di SEA Games

Mahasiswa PJKR FIK Unimed Berhasil Meraih Medali Perak di SEA Games
Mahasiswa PJKR FIK Unimed, Rosalina Simanjuntak mewakili Indonesia berhasil meraih medali Perak

VIETNAM | kliksumut.com Mahasiswa PJKR FIK Unimed, Rosalina Simanjuntak mewakili Indonesia berhasil meraih medali Perak dari penampilan apiknya Cabang Olahraga Wushu nomor sanda kelas 52 kg pada Kejuaraan Olahraga SEA Games Tahun 2022 di Vietnam pada Minggu, (15/05/2022).

Southeast Asian Games (SEA Games) adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Adapun negara yng mengikuti SEA Games 2022 diantaranya : Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

BACA JUGA: Atlet Medan Optimis Raih Medali Di Sea Games Vietnam

Bacaan Lainnya

SEA Games 2022 merupakan SEA Games ke 31 mengusung tema “For a Stronger Southeast Asia”, yang menggambarkan harapan Vietnam agar kawasan ASEAN bisa tumbuh semakin kuat serta segera bangkit usai pandemi COVID-19.

Seperti diketahui, SEA Games kali ini seharusnya dihelat tahun 2021 lalu. Akan tetapi, SEA Games di Vietnam baru bisa digelar Mei 2022 karena mengalami pandemi Covid19.

SEA Games 2022 Vietnam mempertandingan 40 cabang olahraga (cabor) dengan total 523 nomor pertandingan. Sebagian besar merupakan cabor yang juga dipertandingkan di Asian Games dan Olimpiade.

Di antara cabor tersebut ialah aquatic, atletik, badminton, bola basket, sepak bola, tenis lapangan, bola voli, billiar, bola tangan, menembak, futsal, wushu, taekwondo, tenis meja, sepak takraw, pencak silat, muaythai, kick boxing, catur, rowing dan lainnya.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengucapkan selamat kepada Rosalina Simanjuntak yang berhasil meraih medali perak di ajang SEA Games 2022 di Vietnam.

“Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan Unimed saja, namun Indonesia. Mahasiswa kita membuktikan bahwa bisa bersaing di tingkat Internasional, apalagi ini ajang bergengsi SEA Games yang diikuti oleh negara-negara se Asia Tenggara. Semoga prestasi ini terus ditingkatkan dan bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya berprestasi diberbagai kompetisi,” sebut Dr. Syamsul Gultom.

BACA JUGA: Sumut Tambah 5 Emas, Chandra Pecahkan Rekor Asean Para Games

Dr. Syamsul Gultom juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas prestasi yang diraih Rosalina Simanjuntak.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Rosalina, pelatih dan tim official yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di Sea Games 2022. Kami akan terus memacu prestasi mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional. Sehingga mewujudkan visi Unimed, sebagai universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya,” ucapnya lagi.

Rosalina menyebutkan, sudah dua kali mengikuti SEA Games. Saat berlaga di Sea Games Filipina 2019 lalu, berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi Tanah Air. Saat itu bermain di kelas yang berbeda, yaitu 48 kg.

“Meski begitu saya tetap berusaha tampil maksimal dan latihan dengan gigih untuk menghadapi SEA Games Vietnam 2022 kali ini, puji syukur mendapatkan medali Perak. Terima kasih atas dukungan dan motivasi dari Universitas Negeri Medan, khususnya Bapak Rektor Unimed dan jajarannya, Bapak Dekan FIK dan Wakil Dekan FIK Unimed, Pelatih, Tim Official dan semua yang telah memberikan support bagi saya,” sebut Rosalina. (Red)

Pos terkait