LSM Penjara Sumut Dukung Program Pemerintah Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
LSM Penjara Sumut Dukung Program Pemerintah Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat
Ketua LSM Penjara Sumut sedang meninjau vaksinasi di Mega Park Medan

MEDAN | kliksumut.com Untuk mewujudkan kepedulian dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di lingkungan masyarakat. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penjara Sumut menggelar vaksinasi di Mega Park Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (14/10/2021).

“Alhamdulillah kegiatan vaksinasi kepada masyarakat Medan maupun luar Medan berjalan lancar dan sukses. Masyarakat yang datang sangat antusias untuk mendapatkan vaksin dosis pertama,” ujar Ketua LSM Penjara Sumut Adi Warman Lubis usai meninjau vaksinasi di Mega Park Medan

Sambung Adi Warman, kegiatan vaksinasi ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bagi warga masyarakat yang ingin vaksin dan mendaftar diri diinstruksikan agar menjaga jarak minimal 1 meter. Selanjutnya bagi masyarakat yang telah mendaftarkan diri sebelum memasuki area vaksinasi wajib cuci tangan ditempat yang telah disediakan panitia.

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi Ke-13, LSM Penjara Sumut Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Bacaan Lainnya

Tambah Adi Warman, usai mencuci tangan para warga harus mengisi formulir pendaftaran di tempat yang telah disediakan sebanyak 30 meja dengan jarak 2 meter. Masyarakat yang sudah mengisi formulir di pandu panitia memasuki area untuk memeriksa tekanan darah oleh tenaga kesehatan (Nakes) dari Polda Sumut. Sebanyak 10 orang Nakes siap melayani masyarakat dengan meja yang telah disediakan dengan jarak 1 meter. Bagi masyarakat yang tidak ada masalah dengan tekanan darah, selanjutnya memasuki area vaksinasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Bagi masyarakat yang sudah divaksin, kami juga menyediakan spanduk “Saya Bangga Sudah Divaksin”. Untuk mengambil foto selfie untuk masyarakat,” tuturnya.

Lanjut Adi Warman, kegiatan vaksinasi ini juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-13 LSM Penjara Sumut bekerjasama dengan Polda Sumut. Vaksinasi yang digelar untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 tentu sebagai upaya mendukung program pemerintah agar Covid-19 afar cepat berakhir dari tanah air.

Ia mengatakan vaksinasi yang dilakukan kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut.

BACA JUGA: Tokoh Aktivis: Masyarakat Natumingka Jangan Mau di Provokasi LSM

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simajuntak yang telah memfasilitasi kegiatan ini dengan memberikan dukungan penuh dengan bantuan nakes dan sebanyak 1000 vaksin dosis tahap pertama kepada masyarakat. Selain itu, terimakasih juga kepada pihak Mega Park yang telah menyediakan tempat untuk vaksinasi,” sebut Adi Warman.

Lanjut Adi Warman, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu program pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid-19 ini. sebagaimana tercantum dalam Keputusan Presiden No.12 Tahun 2020 tentang Pentapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional.

“Bagi masyarakat yang sudah divaksin diharapkan tetap patuh untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Untuk ke depannya LSM Penjara Sumut dapat menjadi LSM terbaik dibandingkan LSM lainnya. LSM Penjara tetap jaya dalam menyalurkan aspirasi rakyat menuju masyarakat sejahtera dan sehat,” tutupnya (BNL)

Pos terkait