Lady Fokus Latihan Menuju Arena Petanque Porprovsu

MEDAN | kliksumut.com Terlihat bola-bola besi bergulir di permukaan tanah keras yang sedikit berpasir di lapangan Pengprov FOPI Sumut Jalan Alumunium Raya No.77, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. Hal ini dilakukan oleh sekelompok orang yang menjadi kontingen Medan saat latihan memegang bola besi untuk dilempar ke sasaran yang dituju. Lady Rodearni Jawak merupakan salah satu atlet di bawah naungan Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Medan terus meningkat intensif latihan dan fokus latihan menuju arena petanque Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu), Nopember mendatang.

Terdengar riuh rendah suara atlet petanque kota terus mengomentari apa yang terjadi saat bola besi dilemparkan. Hasil lemparan tersebut tentunya mendapat evaluasi dari sang pelatih yang hadir untuk memantau perkembangan atlet setiap latihan. Pemandangan para atlet yang bermain petanque biasa terlihat di waktu latihan rutin pada pada hari Senin, Rabu dan Jumat setiap sore di STOK Bina Guna Medan.

BACA JUGA: KONI Sumut Fokus Program Kerja Menuju PON XXI/2024

Bacaan Lainnya

Atlet binaan KONI Medan yang akrab disapa Lady ini, tetap menjaga kebugaran jasmani karena merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki setiap atlet agar bisa mengikuti kegiatan latihan dengan baik. Kebugaran jasmani adalah faktor pendukung seorang atlet agar secara rutin dapat mengikuti latihan, dan merupakan faktor penunjang atlet untuk mampu mencapai hasil latihan yang baik, tentunya raihan prestasi terbaik.

“Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh sesorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari dalam hal ini saat melakoni latihan tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih memiliki simpanan tenaga untuk mengatasi beban kerja tambahan. Intinya, selama latihan kebugaran jasmani harus tetap terjaga sebagai persiapan untuk membuktikan kepada atlet daerah lain pada ajang Porprovsu, dan sebagai pembuktian diri di mana atlet petanque Medan tetap yang terbaik,” ujar cewek yang dilahirkan pada tanggal 23 Februari 2000 ini di Medan, Minggu (10/4/2022)

Atlet berdomisili di Jalan Menteng VII Medan ini, telah menorehkan berbagai prestasi antara lain mendulang medali emas Porwil Kota Medan VII/2021, meraih perak kategori Single Woman Piala Wali Kota Medan 2021, selanjutnya meraih medali emas Porwil  Kota Medan VI/2020 dan perunggu Piala Gubernur Sumatera Utara 2020.

Mahasiswi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan ini menjelaskan petanque merupakan permainan tradisional yang berasal dari Prancis yang juga merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sekitar abad ke-6 sebelum masehi. Saat ini petanque sudah masuk kota Medan sehingga semakin dikenal masyarakat untuk dipelajari cara-cara bermain petanque. Hal ini semakin membuat masyarakat semakin berminat untuk berolahraga petanque.

BACA JUGA: KONI Sumut Fokus Program Kerja Menuju PON XXI/2024

“Saya sangat tertarik dengan petanque karena mudah dipelajari, jadi saya mencoba mengikuti dan tanpa disadari saat tanding dengan penuh percaya diri berhasil meraih piala dan medali. Hal ini semakin membuat termotivasi latihan dan akhirnya berhasil meraih preestasi pada ajang Piala Wali Kota Medan dan Piala Gubernur Sumatera Utara,” sebut anak dari Johan Jawak dan Lamtiar Sinta ini.

Anak pertama dari dua bersaudara ini terus latihan bersama senior di bawah pengawasan pelatih Syahputra dengan misi untuk meraih prestasi terbaik di ajang Porprovsu. “Prestasi yang telah diraih membuat saya bertekad untuk terus menggeluti petanque dan mencintai petanque. Untuk itu, tiket menuju PON XXI/2024 Sumut-Aceh harus diraih melalui seleksi di arena Porprovsu yang sudah diambang pintu,” tutup mahasiswi semester 8 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ini. (BNL)

Pos terkait