Kunjungan Komite III DPD RI, Para Senator Dukung Persiapan Tuan Rumah PON XXI 2024

Kunjungan Komite III DPD RI, Para Senator Dukung Persiapan Tuan Rumah PON XXI 2024
Sekdaprov Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis menerima kunjungan Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di ruang rapat Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (27/9)

MEDAN | kliksumut.com Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis menerima kunjungan Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di ruang rapat Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (27/9).

Dalam pertemuan tersebut, para senator mempertanyakan sejauh mana kesiapan Sumut menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 bersama Aceh, sekaligus menyatakan komitmen dukungan.

Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis pun memaparkan seputar persiapan PON XXI 2024 yang akan datang, setelah PON XX 2021 Papua saat ini. Di antaranya dengan rencana pembangunan Sport Center (Pusat Olahraga) yang akan diisi berbagai fasilitas untuk pertandingan/perlombaan cabang olahraga yang digelar di provinsi ini.

BACA JUGA: Plt Sekdaprov Ingatkan Percepatan Akses Keuangan Daerah

“Sumut adalah tuan rumah pertama PON di luar Pulau Jawa. Kita menjadi tuan rumah pada PON III tahun 1953. Untuk itu Sumatera Utara berencana membangun fasilitas olahraga yang ada di Desa Sena, dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu seluas 300 hektare,” ujar Sekdaprov Afifi Lubis didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor dan para Pengurus Provinsi (Pengprov) beberapa cabang olahraga (Cabor)

Rencana tersebut ingin menjadikan fasilitas olahraga yang ada di Sumut berkelas Internasional. Sehingga nantinya, kata Afifi, Indonesia punya kompleks olahraga selain Gelora Bung Karno di Jakarta dan Kompleks Stadion Jakabaring Sumatera Selatan. Sebagaimana rencana Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuat sesuatu yang luar biasa di provinsi ini.

“Bagi kami, tentu peran DPD RI sangat besar untuk mendorong upaya kami menyiapkan PON XXI. Jadi bagaimana kami ‘siap tempur’ untuk itu, karena memang pemimpin kami ‘tukang tempur’ (mantan TNI),” sebut Afifi.

Pos terkait