KAMMI Demo Tolak Kenaikan BBM, Sweeping Gedung DPRD Sumut

  • Whatsapp
MEDAN | kliksumut.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) melakukan aksi demo tolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan melakukan sweeping Gedung DPRD Sumatera Utara, Selasa (6/4/2021) untuk menuntut Anggota Dewan agar menerima aspirasi mereka.

Sekitar puluhan Mahasiswa yang tergabung dari KAMMI secara bersamaan memasuki gedung dewan yang merupakan gedung perwakilan rakyat ini, dengan membawa spanduk, bendera dan alat pengeras suara terus mencoba memasuki Gedung Paripurna yang dihadang oleh petugas keamanan dan kepolisian.

Dalam orasi yang disampaikan oleh Mahasiswa di depan Gedung Paripurna ini, menuntut terkait adanya PT. Pertamina (Persero) Marketing Operasional Region I melakukan kenaikan harga BBM Nonsubsidi di Sumatera Utara atas Pergub sehingga pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) naik.

“Peraturan Gubernur (Pergub) Sumut yang diteken Edy Rahmayadi disebutkan, PBBKB naik dari 5 persen menjadi 7,5 persen. Hal itu menyebabkan harga BBM di Sumut naik Rp 200,” sebut dalam orasi.

Bahkan para orasi yang menggunakan pakai putih ini, diterima anggota DPRD Sumut dari Komisi B di ruangan Bamus, mereka membacakan pernyataan sikap dengan menuntut 6 poin yaitu pertama meminta Gubernur Edy Rahmayadi melakukan revisi terhadap pergub Nomor 1 tahun 2021 PBBKB menjadi 5% kembali

Selanjutnya kedua Gubernur Edy Rahmayadi untuk segera memanggil Pertamina untuk menurunkan harga BBM non Subsidi di seluruh Wilayah Provisi Sumatera Utara, ketiga meminta Pertamina untuk menurunkan kembali BBM Non Subsidi.

Keempat, meminta Pertamina menambah kuota BBM bersubsidi (Solar dan Premium) di SPBU Sumatera Utara dan menjamin ketersediaanya, kelima meminta DPRD Sumut melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Pertamina, Gubernur dan KAMMI dan terakhir keenam, meminta Pertamina minta maaf secara terbuka kepada masyarakat karena tidak mensosialisasikan. (wl)

Pos terkait