Insan Olahraga Wajib Patuhi Prokes

  • Whatsapp
Insan Olahraga Wajib Patuhi Prokes
Koordinator Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kecamatan Medan Baru, Bernard Sibagariang SH
Koordinator Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kecamatan Medan Baru, Bernard Sibagariang SH

MEDAN | kliksumut.com – Saat ini, masyarakat telah diperkenalkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam aktivitas sehari-hari, khususnya aktivitas olahraga untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19.

Koordinator Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kecamatan Medan Baru, Bernard Sibagariang SH mengatakan, pihaknya berkomitmen turut serta dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam masyarakat, khususnya masyarakat olahraga di Medan.

 Baca juga : Ketua PBFI Tinjau Latihan Atlit Binaraga Sekaligus Berikan Suplemen

Bacaan Lainnya


“Masa pandemi Covid-19 ini, ada banyak hal yang akhirnya berubah dalam perilaku hidup kita sehari-hari. Sejak keluarnya Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No.27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Peraturan harus dipatuhi oleh insan olahraga sehingga dalam aktivitas olahraga dapat terhindar dari paparan Covid-19,” terang Bernard yang juga berprofesi sebagai pengacara ini di Jalan Pintu Air IV Medan, Selasa (1/12/2020).

Ia memaparkan saat ini pemerintahan Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota se-Sumut. Untuk penerapan Prokes ini, Tim Satgas gabungan selalu menggelar operasi yustisia atau razia masker untuk lebih mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Untuk itu, masyarakat olahraga harus memiliki disiplin dan jangan kendor memakai masker saat keluar rumah. Untuk itu, Bernard mengingatkan kepada insan olahraga jangan memakai masker pada saat ada razia yustisia saja.

Bernard menjelaskan selama masa pandemi ini pola kerja yang yang terapkan menjadi berubah dengan pola kerja sebelum merebaknya virus Corona ini. Apalagi dampak pandemi ini kegiatan olahraga mulai sepi karena untuk menghindari kerumuman orang banyak.

“Sekarang, setiap kali bertemu dengan insan olahraga atau mengikuti rapat membahas olahraga, yang namanya masker tidak boleh lupa. Di dalam tas harus tersedia beberapa masker demi untuk menjaga agar tidak terpapar virus ini. Tidak hanya patuh memakai masker, Penerapan Prokes dalam setiap aktivitas di luar rumah adalah wajib hukumnya. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun,” sebut Bernard.

Sebagai penggiat olahraga yang memiliki teman sejawat tidak hanya di Sumatera Utara saja. Dirinya selama pandemi ini selalu mengingatkan keluarga, teman dan sejawat, khusunya atlet di bawah binaan KONI Kecamatan Medan Baru untuk selalu mematuhi Prokes.

Baca juga : Aja Melhan Surbakti Terpilih Ketua PABSI Kota Medan


“Untuk saat ini sebelum vaksin beredar di masyarakat sebaiknya pencegahan virus Covid-10 lebih dianjurkan dengan cara yang selama ini diterapkan, yakni cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan selalu pakai masker,” pungkasnya. (BNL)

Pos terkait