Atlet Panjat Tebing Medan Rajai Seleksi Pelatda Jangka Panjang PON XXI/2024

MEDAN | kliksumut.com – Atlet panjat tebing Kota Medan tampil gemilang dan merajai dalam seleksi atlet panjat tebing Sumatera Utara (Sumut) Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut di wall climbing Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar Medan, Selasa (22/6/2021). Kontingen Medan meraih 5 emas, 5 perak dan 4 perunggu.

Medali emas diraih Glenn Bakri (speed track perorangan putra), Inzaghi Sitorus Pane (speed wr perorangan putra), Fitri Sitirus (speed track perorangan putri) dan Dina Raheal Simajuntak meraih 2 emas (speed wr perorangan putri dan lead perorangan putri). Sementara kontingen Asahan menduduki peringkat kedua dengan torehan 1 perunggu. Sedangkan kontingen Langkat, Binjai, Sergai dan Karo gagal meraih medali.

“Hasil seleksi atlet panjat tebing yang digelar Pengprov FPTI Sumut selama dua hari berjalan sukses dan lancar. Sebanyak 33 atlet yang ikut seleksi telah menunjukkan kemampuan masing-masing dari tiga nomor pertandingan yang diperlombakan yakni speed track perorangan, speed wr perorangan dan lead perorangan” ujar ketua panitia Roni Suganda, S. Pd.

Ia mengatakan untuk lomba final lead perorangan putra dihentikan akibat force majeure dengan turunnya hujan deras. Untuk sementara peringkat pertama diraih atlet Medan, Arrasyid Anwar Sitorus. Untuk penentuan 4 atlet putra dan 4 atlet putri yang lolos untuk ikut Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut, akan dibahas di internal Pengprov FPTI Sumut.

 

Bacaan Lainnya

Baca juga: Prancis Incar Kemengan di Laga Terakhir



“Sebanyak 8 atlet yang lolos nantinya hasil seleksi akan dibina untuk nantinya dihadapkan kembali pada tahap seleksi lanjutan. Bagi yang resmi bergabung Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut menjadi binaan FPTI untuk dipersiapkan menuju PON 2024. Tapi, tidak menutup kemungkinan, akan terjadi pengurangan bila atlet yang ada tidak bisa mengikuti jadwal pembinaan yang diterapkan pengurus FPTI Sumut. Intinya sistem degradasi dan promosi terap diterapkan bagi atlet yang ikut Pelatda jangka panjang,” pungkasnya.

Sementara itu, Dina Raheal Simajuntak atlet Medan peraih 2 emas ini mengatakan jika lolos seleksi Pelatda jangka panjang akan mempersiapkan diri lebih matang dan maksimal untuk tampil di arena bergengsi pesta olahraga tanah yang akan di gelar di Aceh-Sumut.

“Peluang dan kesempatan ini tidak akan disia-siakan untuk menjadi atlet kontingen Sumut pada perhelatan PON 2024. Siapapun atlet di Medan tentunya memiliki motivasi untuk berlaga di pentas nasional. Misi tentunya ingin membawa nama harum Sumut Bermartabat di kancah PON XXI, khususnya di cabor panjat tebing,” tutup Dina (BNL)

 

Pos terkait