ASPERINDO Fasilitas Training Leader Development Bagi Perusahaan Anggota

  • Whatsapp

MEDAN | kliksumut.com – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Sumatera Utara siap memfasilitasi perusahaan anggota guna memberikan pelatihan untuk para leader dari perusahaan anggota.

Ketua Asperindo Sumut, Armansyah Sabtu (20/11/2021) mengatakan program training leader development ini sudah berlangsung sejak 3 September 2021 dan akan berakhir di 1 April 2022.

“Pelatihan ini sangat penting bagi perusahaan logistik dan pengiriman. Asperindo berikan pelatihan ini secara gratis. Terdiri dari 8 pertemuan dengan durasi 4 jam dalam satu pertemuan. Materi dalam pelatihan ini kita susun sesuai kebutuhan kompetensi karyawan yang bekerja di perusahaan pelaku bisnis logistik dan pengiriman barang,” ungkap Armansyah.

BACA JUGA: Pegadaian Gandeng JNE untuk Memperluas Akses Masyarakat terhadap Produk dan Layanan Pegadaian

Sekjend DPW ASPERINDO Sumut menyampaikan urgensi dari penguatan SDM Perusahaan ASPERINDO adalah dilatarbelakangi karena beberapa hal. Pertama, Logistik & Jasa Pengiriman Express sangat berperan dalam perekonomian Indonesia dan dunia, dimana ekonomi didominasi dengan E Commerce yang membutuhkan logistik.

Dengan demikian secara tidak langsung Logistik mendukung UMKM untuk bangkit di tengah wabah pandemi, mendukung Corporate & government untuk beroperasi dan bertumbuh, dan tentu saja mendukung masyarakat luas dalam membuhi segala kebutuhan sehari hari nya dari mulai makanan, hingga obat obatan.

Beranjak dari latarbelakang tersebut, Asperindo DPW Sumut menyadari bahwa untuk mewujudkan peran logistik sebagaimana yang diharapkan, tentunya membutuhkan kompetensi yang matang. Dimana saat ini LPI (Logistic Performance Index) Indonesia di mata dunia masih rendah urutan ke 54 dari 130 negara. LPI memiliki parameter salah satunya adalah Kompetensi SDM Logistik.

Materi yang disajikan dalam pelatihan ini menggunakan Model Manajemen SSHCL (Strategy – System – Human Capital – Culture – Leadership), dimulai dari konsep leadership, manajemen strategi menentukan visi misi target, manajemen strategi analisa SWOT, strategi Problem Solving, menyusun program kerja Marketing Mix dan Bisnis Model Canvas, menyusun struktur organisasi, jobdesc, dan target individu, manajemen human capital hingga manajemen resiko. Pelatihan ini berlangsung di kantor sekretariat Asperindo DPW Sumut jalan Kanal STM Ujung Ruko Eco Park Blok A33A Kec. Medan Johor.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama

“Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal bagi para pimpinan perusahaan anggota untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam memanajemen perusahaan sehingga pelatihan ini diharapkan mampu membentuk leader-leader yang professional,” ungkap Fadli selaku Kepala Bidang Pendidikan Asperindo DPW Sumut.

Selain dilakukan secara offline, juga di sediakan pelatihan melalui zoom bagi anggota-anggota Asperindo yang berada di luar Kota Medan seperti Tobasa, Tapanuli dan Nias dan lainnya.

“Harapannya semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar hingga akhir, materinya berguna, dishare oleh peserta ke teman-temannya yang lain, dan yang paling penting di terapkan di perusahaannya masing-masing,” tutup Fadli. (red)

Pos terkait