Pemprov Sumut Optimis Target Penurunan Stunting 2024 Tercapai

Pemprov Sumut Optimis Target Penurunan Stunting 2024 Tercapai
Ilustrasi (Ist)

MEDAN | kliksumut.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) optimis, penurunan kasus stunting hingga l4 % pada tahun 2024, yang ditargetkan Pemerinta Pusat dapat tercapai. Hal sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2021 tentang penurunan stunting.

Berdasarkan data, beberapa faktor penyebab stunting di Sumut masih perlu ditangani. Misalnya ketersediaan jamban yang masih 82%, cakupan air bersih baru mencapai 72%, pemberian ASI eksklusif kepada bayi usia 6 bulan masih berada pada 57% pada tahun 2021, hingga rendahnya pemahaman masyarakat mengenai gizi.

BACA JUGA: Gerak Cepat Turunkan Stunting Pemprov Sumut Fokus Program Mulai dari Remaja Putri

Untuk itu, Pemprov Sumut telah menyusun berbagai kegiatan terintegrasi lintas sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mulai dari urusan sanitasi, jamban, mutu air, edukasi pemahaman gizi, serta membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Jadi harus mengerahkan semua sektor, stunting ini tidak bisa hanya satu bidang saja, kalau semua OPD komit melaksanakan semua kegiatan tersebut, saya pikir target tahun 2024 akan tercapai,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Tengku Amri Fadli pada Podcast Apa Cerita yang tayang di Kanal Youtube Info Sumut, Selasa (1/11).

Dikatakan Amri, Pemprov juga melakukan intervensi mulai dari remaja putri dan ibu kekurangan energi kronik. “Program harus dari hulu, maka yang paling baik kita kejar dari remaja putri dan ibu kekurangan energi kronik hingga anemia, sehingga anak yang dilahirkan nantinya tidak stunting,” kata Amri.

Pos terkait