Bank Indonesia Siapkan Rekomendasi Pemulihan Ekonomi Sukabumi

  • Whatsapp
Bank Indonesia Siapkan Rekomendasi Pemulihan Ekonomi Sukabumi
Bank Indonesia (BI) Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan High Level Meeting (HLM), sebagai upaya mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi Jawa Barat, pada Senin (29/3), di Pendopo Walikota Sukabumi.

SUKABUMI | kliksumut.com – Bank Indonesia (BI) Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan High Level Meeting (HLM), sebagai upaya mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi Jawa Barat, pada Senin (29/3), di Pendopo Walikota Sukabumi.

Hadir dalam HLM, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, beserta jajaran SKPD Kota Sukabumi.

Agenda HLM antara lain membahas mengenai rekomendasi kebijakan terkait upaya pengembangan sektor-sektor pendukung pertumbuhan ekonomi Kota Sukabumi, pengendalian inflasi dan peningkatan digitalisasi ekonomi.

BACA JUGA: Kepala BEI Sumut: Di Masa Pandemi Investasi Bantu Pemulihan Ekonomi

Sebagai kota yang termasuk ke dalam 10 wilayah yang memberikan pangsa tertinggi terhadap perekonomian Jawa Barat dengan tingkat pertumbuhan yang selalu tumbuh di atas perekonomian Jawa Barat, Kota Sukabumi memiliki potensi untuk terus diperkuat agar dapat berkontribusi optimal terhadap pemulihan dan akselerasi perekonomian Jawa Barat.

Dari sisi inflasi, Kota Sukabumi termasuk ke dalam 7 wilayah penyumbang terbesar inflasi Jawa Barat. Meskipun Kota Sukabumi dikelilingi oleh daerah-daerah produsen (Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Banten), namun volatilitas harga pangan strategis seperti cabai merah, bawang merah, daging ayam ras dan telur ayam ras di Kota Sukabumi relatif tinggi, sekaligus menjadi penyumbang inflasi.

Khusus untuk komoditas bawang merah, sebagian besar petani di Kota Sukabumi mengalami kesulitan dalam memperoleh bibit bawang merah yang berkualitas dengan harga yang wajar.

BACA JUGA: Dari Buka Jalan, Hingga Rehab RTLH, TMMD 111 KODIM 0204/DS Bangkitkan Perekonomian Warga

Saat ini, benih bawang merah diperoleh dari sentra bawang merah di luar wilayah Sukabumi, terutama dari Brebes. Oleh karena itu, perlu diupayakan langkah-langkah strategis dalam pengendalian inflasi Kota Sukabumi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, menyampaikan sejumlah rekomendasi untuk penguatan ekonomi Jawa Barat.

Antara lain meningkatkan potensi sektor manufaktur dengan memprioritaskan pengembangan dan upaya menaik-kelaskan industri kecil menengah (IKM/ UMKM).

“Untuk itu perlu penambahan kapasitas, peningkatan keterampilan dan kualitas pelaku usaha, penggunaan teknologi tepat guna, digitalisasi dan perluasan akses pasar melalui kegiatan promosi, sehingga berdaya saing,” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Pos terkait