Wagub Sumut Harap PWI Sumut Dorong, Wartawan Berkompetensi dan Beretika

Wagub Sumut Harap PWI Sumut Dorong, Wartawan Berkompetensi dan Beretika
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima audiensi pengurus baru PWI Sumut dan panitia acara pelantikan Kepengurusan PWI yang baru di Medan, Kamis (2/12).
banner 468x60

MEDAN | kliksumut.com Peran jurnalis dalam pembangunan Sumatera Utara (Sumut) dianggap cukup penting, jurnalis harus bisa memberikan contoh-contoh baik ke masyarakat. Untuk itu, wartawan yang berkompetensi dan beretika sangat diperlukan agar pesan yang disampaikan dalam pemberitaan memberi manfaat dan sampai dengan baik ke masyarakat.

Untuk mendorong ini, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta pengurus baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut serius dalam menjalankan programnya untuk meningkatkan kompetensi wartawan di sumut.

BACA JUGA: Penasehat PWI Sumut: Wartawan Harus Kompak Dalam Mengkritik Dan Mengungkap Fakta

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus baru, tadi disampaikan bahwa PWI memiliki program akan meningkatkan kompetensi SDM wartawan, ini sangat bagus. PWI harus bisa mendorong bagaimana wartawan beretika dalam mencari berita dan dalam membuat pemberitaan,” ujar Musa Rajekshah kepada pengurus PWI dan panitia acara pelantikan Kepengurusan PWI yang baru di Medan, Kamis (2/12/2021).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua PWI Provinsi Sumut terpilih, Farianda Putra Sinik, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumur M Syahrir, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus PWI Sumut Rifki Warisan, Wakil Ketua Panitia SR Harmonangan Panggabean dan Sekretaris Panitia Riza Mulyadi.

Kondisi saat ini, lanjut Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah, media masa sangat berkembang, baik itu media cetak, elektronik, dan online saling memberikan beragam informasi. “Satu sisi, peran PWI mesti ada di sini, karena peran media sangat penting khususnya dalam menyampaikan program pembangunan pemerintah dan bagaimana mengajak masyarakat untuk bisa ikut dalam pembangunan Sumut,” ujar Ijeck.

BACA JUGA: Terkait Uji Materi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Ini Tanggapan PWI Pusat

Sementara itu, Farianda Putra Sinik menyampaikan, sebagai sosial kontrol pihaknya siap menjadi mata dan telinga dan menjadi wadah berdialog antarlapisan masyarakat. “Untuk itu, kita akan terus mendorong jurnalis dalam membuat pemberitaan sesuai etika, tidak sembrono,” katanya, sembari mengatakan pihaknya akan dilantik pada tanggal 17 Desember mendatang.

Farianda juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang selama ini telah memberi dukungan kepada organisasi kewartawanan di Sumut. “Semoga kerja sama yang sudah terjalin bisa ditingkatkan dan sama-sama memajukan Provinsi Sumut,” katanya. (wl)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60