Kakanim TBA Nilai Sosok Sekjen Kemenkumham RI Panutan Sebagai Abdi Negara 

TANJUNGBALAI | kliksumut.com – Bintang tiga bertengger dipundak, jabatan mentereng, karir kinclong, tidak membuat pria kelahiran Jakarta pada 23 Juni 1966 silam itu berubah. Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Andap Budi Revianto, SIK MH tetap sosok yang hamble, murah senyum dan menjadi sahabat yang baik dan menyenangkan.

Integritas dan kompentensi serta loyalitas juga etos kerja yang dimilikinya ditambah kepiawaiannya memotivasi seluruh jajarannya agar bekerja maksimal, berbuah hasil alias tidak percuma.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Penuhi Permohonan Paspor, Kanim TBA Buka Kuota 140 Perhari

Andap Budi Revianto pun mendapat kepercayaan dan kesempatan menduduki sejumlah jabatan bergengsi. Setelah menjabat sebagai Kapolda Kepri, Andap dipercaya sebagai Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

Pasca dilantik sebagai Sekjen Kemenkumham RI, Andap Budi Revianto langsung menanda tangani Maklumat Pelayanan pada 23 Maret 2022. Maklumat pelayanan tersebut menyatakan bahwa seluruh pegawai/pejabat sekjen Kemenkumham sanggup menyelenggarakan layanan kesekretariatan sesuai standar pelayanan yang ditetapkan. 

Apabila tidak menepati janji, maka kami bersedia menerima sanksi sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku berupa penjatuhan hukuman displin dan kode etik pegawai.

Profesionalitas dan kerja keras seluruh staf dan karyawan Kemenkumham pun berbuah hasil. Kemenkumham mendapat penghargaan dalam kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanaan publik (P4) tahun 2022.

Kompetisi ini digelar secara bersama oleh Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),

Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden dan Ombusman RI.

Dari 573 peserta Kemenkumham RI masuk dalam 30 peserta terbaik kategori instansi pemerintah, sehingga memperoleh penghargaan dari Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

BACA JUGA: Gubernur Harapkan Imigrasi Medan Kolaborasi Program dengan Pemprov Sumut

Kemenkumham juga termasuk 1 dari 17 peserta yang berhak mendapatkan Piala Anggakara Birawa. Kemenkumham menjadi satu diantara dua kementerian yang mendapatkan piala Kategori Instansi Pemerintah Umum Aspek Keberlanjutan, Konektivitas dan Dampak Terbaik.

“Semua ini berkat kerja keras seluruh jajarannya dalam menindak lanjuti kebijakan bapak Presiden dan arahan menteri Hukum dan HAM,” kata Andap Budi Revianto, usai mewakili Menteri Yasonna menerima penghargaan yang diserahkan oleh Sekretaris MenpanRB Rini Wiyantini pertengahan Juni lalu.

Kemenkumham memiliki program dalam mengimplementasikan pelayanan terbuka dan mengutamakan kebutuhan masyarakat. Misalnya, laporan dan pengaduan dijadikan sebagai masukan dari masyarakat untuk melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Kemenkumham pun menyediakan beberapa kanal pengaduan yang mudah diakses oleh masyarakat. Salah satunya menjadi operator Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) milik Pemerintah Republik Indonesia. LAPOR! dapat dikunjungi pada laman lapor.go.id. Selama periode tahun 2021-2022, Kemenkumham telah menangani 1341 laporan dan pengaduan masyarakat melalui LAPOR!.

Tidak hanya itu, Andap Budi Revianto penggemar olahraga sepeda alias gowes ini juga menunjukkan perhatian teerhadap kesehatan seluruh pegawai Kemenkumham. Dia mengingatkan agar seluruh pegawai selalu menjaga pola hidup sehat dan tetap menjaga prokes.

“Saya selaku Sekjen berharap rekan-rekan harus sehat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat di dalam maupun di luar kantor. Selain itu berdo’a kepada Tuhan adalah yang paling utama,” kata Andap.

Sementara itu, bagi Kakanim Tanjung Balai Asahan (TBA), Panogu HD Sitanggang, sosok Komjen Andap merupakan panutan sebagai sosok abdi negara. Disebutkannya, pada hari ini 23 Juni 2022, Sekjen Kemenkumham RI, Komjen Andap Budi Revianto memasuki usia ke 56 tahun.

“Selamat ulang tahun Jenderal. Panjang umur, sehat dan terus menginspirasi. Bagi kami, Bapak merupakan sosok panutan dan contoh bagaimana memimpin dan mengabdi bagi negara kita tercinta ini,” kata Panogu dengan penuh rasa hormat.

Pos terkait